Haji Sabih Goenadjaya Dikoesoemah

YAYASAN HAJI SABIH GOENADJAYA DIKOESOEMAH
 
IndeksIndeks  CalendarCalendar  FAQFAQ  PencarianPencarian  AnggotaAnggota  GroupGroup  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Tolong Diskusikan masalah Degradasi moral bangsa Ini ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
heruptkgtk_skh



Jumlah posting : 24
Join date : 03.10.11
Age : 50

PostSubyek: Tolong Diskusikan masalah Degradasi moral bangsa Ini ?   Fri Nov 04, 2011 8:22 pm

Ass.

Bismillah

Saudara ku,

Segala krisis yang terjadi pada bangsa ini adalah masalah telah terjadi degradasi

mental, moral dan akhlak yang telah berukar akar pada setiap diri anak bangsa

ini.

Kalo mau memperbaiki keadaan bangsa ini harus dimulai dari perbaikan moral dan

akhlak pada setiap diri anak bangsa ini. Kembalikan anak bangsa kepada

pemahaman agama yang benar, kembalikan umat ke mesjid mesjid mereka.

Dan ini harus dimulai para pemimpin bangsa ini, ulama, ustad, tokoh

Silahkan antum berikan pendapat antum

masyarakat, dan para pemimpin rumah tangga.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Bambang k(thiwul)



Jumlah posting : 101
Join date : 18.09.11
Age : 49
Lokasi : Grobogan

PostSubyek: Degradasi moral    Fri Nov 04, 2011 10:05 pm


As wr
Kemerosotan moral penyebab krisis multi.
Kalo ndak salah gitu?!
Apa sudah separah itukah kerusakan moral bangsa ini?.
Mungkin butuh conth yg obyektif agar sang dokter tidak salah obat.
bahaya.!
Karena terkadang kita lupadiri membiarkan otak terbawa emosi buntutnya ...sobyektif.
Ws wr
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
heruptkgtk_skh



Jumlah posting : 24
Join date : 03.10.11
Age : 50

PostSubyek: reply   Sun Nov 06, 2011 10:06 pm

Silahkah antum lihat disekitar lingkungan terdekat kita

untuk menjadi seorang lurah hari ini seorang calon lurah harus berani untuk menyiapkan dana ratusan juta rupih,

pada saatnya nanti dia terpilih, maka yang terfikirkan pertama kali adalah bagaimana cara dia mencari cara untuk mengembalikan

uang yang ia gunakan untuk memperoleh jabatan tersebut.

dan lihalah bagaimana cara para politikus kita mendapatkan jabatan politik nya, yang jelasnya nilainya kan sangat fantastic lagi

ini lah sistem demokrasi negeri ini, dimana semua jabatan harus mengorbankan segalanya.

tidak kah lebih baik hari ini, kita menggunakan cara para pendahulu-pendahulu kita, dimana seorang pemimpin akan muncul karena

budi pekerti, akhlak dan moral agama nya ?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Bambang k(thiwul)



Jumlah posting : 101
Join date : 18.09.11
Age : 49
Lokasi : Grobogan

PostSubyek: <Degradasi>   Mon Nov 07, 2011 7:28 am

As wr
sugeng enjang....
Mas Her.
dua hal yang jenengan angkat disini menarik sekali.
*calon lurah*
Pada bln maret 2007 kemarin saya termasuk kandidat.
Tapi kalah.saya hanya jadi juara(3) tiga padahal calonya cuma ada 4.
Tanpa persiapan dana !
Saya tidak bagi bagi duit(karna memang ndak ada)
luar biasa bos capeknya.hampir 2 bln kurang tidur.
Memang saya kalah,tapi pelajaran berharga saya peroleh dari momen itu.
Faktanya tanpa bagi duit!!.saya ada yg milih.banyak meskipun tetap kalah!.
Apakah karna kekalahan itu saya harus menyalahkan sang pemilih? dengan tuduhan penyakit moral??!
Tidaaak!.tapi introspeksi multi itu lebih penting.
Bicara moral itu =bicara masalah sosial.
Dan bicara masalah sosial=bicara sistem (dlm arti luas)dan....masalah PENDIDIKAN itu punya kontribusi besaaar terhadap dinamika SOSIAL!(ma'af ya aku malih keminter).
*KERINDUAN*
terkadang saya juga gitu.fikiran menerawang jauh kebelakang,masuk kealam kenangan.berandai andai,gini gitu,gitu gini,ini itu,itu ini dst.ndak capek capeknya.munculnya apa?"halusinasi"!!.
KLO menurut saya,perlu juga kita jalan jalan ke masa lalu,bincang bincang dg para pelaku sejarah.misal yg dekat aja,jln jln ke Borobudur,kita bincang bincang dg relief reliefnya.ttg masalah sosialnya,atau politiknya,atau mata pencaharianya,atau budayanya dll.
ternyata pada masa itu juga bermasalah.betul!
Conto=
masalah politik.terjadi kekisruhan antara dua wangsa yaitu sanjaya dan saylendra.hingga untk menyelesaikan masalah itu ditempuh suatu cara yakni perkawinan politik antara rakai pikatan vs pramodawardani.
Ternyata dg langkah politik itu masalah ndak kelar juga! Buktinya adik pramoda wardani namanya Balaputradewa ndak terima,dia keki melakukan langkah konfrontasi. gagal. .malu. karna gagal ,dia hijrah kemalaka ndirikan kerajaan sendiri .SRIWIJAYA.
Itu tadi masalah politik.
Masalah sosialnya ada juga.
Pornografi.lihat pakaian pada masa itu ,super seksi.paling yg ditutupi cuma dua buah.buah dada dan buah satunya.

(Bos?..tanganku kesel,tak leren disik yo?)
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
heruptkgtk_skh



Jumlah posting : 24
Join date : 03.10.11
Age : 50

PostSubyek: remind our soul   Mon Nov 07, 2011 10:01 pm

mas bambang banyak kisah yang telah di angkat ke permukaan oleh segala tokoh,

tokoh dalam novel, tokoh dalam perwayangan, tokoh dalam berita, atau tokoh dalam

komik, namun coba kita renungkan sebuah kisah yang telah diabadikan oleh

Alloh dalam Al Qur'an yaitu Rodhiyulloh hu anhum and rodhiyulloh hu anha itulah

para tokoh sejarah manusia terbaik yang pernah dilahirkan kedunia ini.

Coba renungkanlah satu kisah salah seorang sahabat terbaik Rasululloh SAW, yaitu

Sahabat Umar bin khatab ra. dimana pada saat beliau masih jahiliyah beliau adalah

orang yang begitu membenci Rasululloh, namun karena berkat doa Rasululloh dan

juga karena masih ada setitik nurani yang ia miliki maka Alloh berkehendak

memberikan hidayah kepadanya. dan lihatlah bagaimana pada saat beliau menjabat

menjadi seorang kalifah (pemimpin Umat), beliau adalah seorang pemimpin yang

tidak rela melihat dan mendengar rakyat nya menderita, maka pada saat beliau

mengetahui ada salah sebuah keluarga yang kelaparan, maka beliau pun tidak

sungkan-sungkan untuk memanggul sendiri gandum yang akan diberikan kepada

rakyat nya yang kelaparan, dan ia pun masih rela untuk mamasakannya, bahkan

beliau pun masih berkenan untuk menyuapi mereka dengan tangannya sendiri.

setelah mereka telah kenyang dan mampu tertawa riang, maka beliau pun

menitik air mata bahagia nya melihat rakyat nya telah terlepas dari kelaparan.

Swkarang mari kita bertanya MASIH ADAKAH PEMIMPIN DI NEGERI INI YANG

MAMPU BERBUAT SEBAGAIMANA YANG TELAH DILAKUKAN OLEH SANG KALIFAH

UMAR BIN KHATAB ra. ?

Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Bambang k(thiwul)



Jumlah posting : 101
Join date : 18.09.11
Age : 49
Lokasi : Grobogan

PostSubyek: Degradasi moral   Tue Nov 08, 2011 8:30 am

As wr
saya setuju.akan kegelisahan yg mungkin dirasakan oleh banyak orang.akan hadirnya sosok atau figur pemimpin seperti keinginan kita masing masing.
Bahkan desas desus akan hadirnya Ratu Adilpun terangkat.
Tiap orang memiliki mimpi .
Saya sangat setuju dg wawasan yg Mas Heru sajikan.tentang tatanan sosial yg dibalut oleh kondisi moral yg jauh dari norma dan nilai nilai AGAMA...
'Dalam hal ini' saya mencoba untuk melihat 'problematika' pada sebuah penggaris.dg bilangan.-1 dst adalah masa kampau , 1dst adalah yg akan kita titi.
-1 adalah pelajaran berharga.agar kita bisa berjalan pada angka1.dan membuat perencanaan yang akan kita jalani pada angka 2.3.4 dst.
*Sebelumnya saya mhn maaf*
juga kesadaran akan keterbatasan saya membahas masalah ini.(terlalu rumit)
mimpi saja tdk akan membuahkan hasil.
Saya hanya mencoba mengenali dulu ttg apa itu masalah sosial,dan apa itu masalah moral.dan darimana kedua masalah ini dilahirkan.siapa ibu dan siapa bapak.
Mas Heru mungkin tidak keberatan .tlg Mas...
Juga teman teman YHSGD di seluruh Nusantara.khususnya dari Grobogan.tlg aku diewangi.

Kalau ada kata yg salah mohon dimaafkan.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
kgb_btx



Jumlah posting : 76
Join date : 15.09.11
Lokasi : Singopuran

PostSubyek: re: Degradasi moral   Wed Nov 09, 2011 7:37 pm

ruwet.....
aq ra iso mikir sejauh iku...

banyak wacana... banyak tuntunan... banyak tontonan
apa yg kita perbuat?????
dr diri kita, keluarga, lingkungan .... dst

sudah berbuat apakah kita?????
wat diri kita, keluarga, lingkungan .... dst

u/ memperbaiki diriku biar lebih baik aja susah.....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Bambang k(thiwul)



Jumlah posting : 101
Join date : 18.09.11
Age : 49
Lokasi : Grobogan

PostSubyek: Degradasi moral   Wed Nov 09, 2011 11:28 pm

As wr.
Saya sadar betul.masalah ini terlalu berat buat saya.(ora kelase) meskipun permasalahan ini selalu saja terjadi dan terulang teruuus di lingkaran bumi ini.
Pergeseran nilai.Perubahan tatanan sosial yg melahirkan krisis.(mungkin karena kejenuhan)
Bahkan klo ndk salah dengar Rosulullahpun dulu tidak menganggap remeh masalah kaya gini.hingga Beliau sampai sampai pergi ke gua hiro mhn petunjukNYA.
Dan diturunkanNYA
Wahyu yg secara bertahap oleh ALLAH kepada Rosululullah,dlm kurun waktu yg cukup lama .22 th.
Pada masa pemerintahan Rosulullah hingga masa masa para Sahabat, negeri Arab damai .namun setelah itu yaitu semenjak kekhalifahan Sayidina Ali terjadi lagi peningkatan suhu politik.
Perseteruan politik antara bani Umayah dan bani Abbasiyah.
Kepada mas Heru ,mungkin yg saya sampaikan ini keliru,tolong untk diluruskan.agar saya tambh pengetahuan.biar ndak melulu cerita kisah di indonesia tok yg saya kenal,
sbg referensi dlm musyawaroh masalah sosial lingkungan kita.
***
Mas KGB.sampean pusing ya?.samaaa..dg saya.
Kasusnya sama mas!.ngurusi ndiri aja ngehabisin puyer.
mikir beras.sayur,sumbangan org mantu.saku anak sekolah.daaan laen laen.tapi mau apa?.lha wong situasinya emang mash kaya gini.
Nikmati ajalah apa yg dikasi ama yhsgd yaitu forum ini ,lumayan !.
Mas Andi.taampil donk.biar seru!.
Makin bnyk teman makin gayeng.

Terimakasih.
Ws wr wb.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
kgb_btx



Jumlah posting : 76
Join date : 15.09.11
Lokasi : Singopuran

PostSubyek: re: Degradasi moral   Fri Nov 11, 2011 8:46 am

betul Bos Thiwul...
Sy hanya melihat berbagai kegelisahan dan kegelisahan.....
trutama kegelisan sy sendiri ttg moral... banyak yg msh gak bener & kurang bener yg aq lakukan... dan yg sering kebablasan
kadang muak... kadang bersorak
yg sering jd kontrol cmn agama yg msh cethek sy pahami, jg pesan simbah2 dulu ttg tetek bengek kebaikan....
jd dr mn kita akan bergerak???
sementara sy masih pada diri sendiri... dikit-banyak ya kluarga

mohon saran dr para bijak sekalian...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Tolong Diskusikan masalah Degradasi moral bangsa Ini ?   Today at 4:51 am

Kembali Ke Atas Go down
 
Tolong Diskusikan masalah Degradasi moral bangsa Ini ?
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Haji Sabih Goenadjaya Dikoesoemah :: Forum Diskusi :: Debat Terbuka-
Navigasi: